Blog Artikel dan Tips
Sebuah Catatan Artikel dan Tips: Komputer, Internet, Blog, Kesehatan, Bisnis Online, Motivasi, Karir, Kerja, Humor, Aneka Tips
Mau Mendapatkan Backlink Dengan Cepat dan Gratis...Klik Di Sini !

FaceBook : Awas di serang Virus Koobface !


Teman, ini ada tulisan di sebuah tabloid yang sangat informatif bagi teman-teman pecinta facebook. Berikut saya tuliskan kembali isinya. Semoga berguna.

Menurut catatan lembaga keamanan internasional, diperkirakan sudah sekitar 127 jutaan pengguna Facebook yang menggunakan fitur pengiriman pesan situs jejaring sosial tersebut untuk menginfeksi PC. Setelah menjangkit, virus juga akan berusaha mencari informasi sensitif seperti nomor kartu kredit. Koobface adalah serangan terbaru hacker yang menarjet pengguna situs jejaring sosial.


Pengamat Facebook rata-rata menerima spam pesan seperti ini: avert_blog_koobface

Bila pengguna mengikuti link tersebut maka sebenarnya pengguna sedang diarahkan ke salah satu dari berbagai host, yang menampilkan pesan eror palsu dari versi Flash Player yang sudah kadaluwarsa tanggalnya. Selanjutnya pengguna diminta untuk mendownload / membuka flash_ player.exe yang baru. Apabila anda mengikuti untuk mendownload maka virus Koobface akan menjangkiti komputer anda.

Koobface menyerang dengan meninggalkn pesan kepada teman dari pengguna yang komputernya sudah terjangkit. Pesan yang dikirim diberi judul seperti "you look just awesome in this new movie" yang akan membawa pengguna ke situs yang meminta untuk mendownload sesuatu yang dinyatakan sebagai update Flash player dari Adobe System, mirip seperti virus yang mengaku sebagai video You Tube.

Dalam blog McAfee, peneliti mereka mengingatkan bahwa Koobface sedang melancarkan serangan pada Facebook.

Seperti yang pernah disampaikan Chris Boyd salah satu peneliti dari FaceTime Security Labs pada kantor berita Reuters, pesan yang diterima di Facebook hanya dapat dikirimkan oleh anggota Facebook saja. Oleh karena itu pengguna biasanya tidak terlalu curiga rehadap pesan yang mereka terima.

Situs jejaring sosial MySpace milik News Corp sudah diserang sebuah virus varian Koobface bulan Agustus 2008. Tapi setelah diatasi oleh tekhnologi pengaman mereka , virus itu sudah tidak menyerang MySpace lagi.

McAfee belum mengidentifikasi pelaku dibalik Koobface yang terus menerus mengembangkan kapabilitas virus tersebut untuk menembus sistem keamanan Facebook dan Myspace.

Adapun motivasi dari serangan Koobface variant, analisis menunjukkan bahwa selama infeksi, proxy server terinstal ke ProgramFiles’tinyproxy’tinyproxy.exe dan layanan bernama security.

Account Manager (SamSS) dibuat untuk memuat server pada saat startup. Komponen ini mendengarkan pada port TCP 9090 dan proxy semua lalu lintas HTTP, khususnya untuk melihat lalu lintas ke Google, Yahoo, MSN, Live.com, dan untuk tujuan pembajakan hasil pencarian.

Dan pihak Facebook sendiri telah menghimbau anggotanya untuk menghapus email yang mencurigakan. Facebook juga memposting petunjuk bagaimana membersihkan komputer yang terinfeksi virus di http://www.facebook.com/security.




Posted By :

2 komentar:

Wah harus hati-hati itu bagi pengguna Facebook. terutama saya....!hehehe


Tapi ada satu virus lagi yang lebih berbahaya fren...Virus Lupa..Lupa Waktu kalo dah tenggelam di dunia FaceBook...!


Langsung Dapat $10 Hanya dengan Mendaftar, MAU ?...Klik Banner Ini :


Join Vinefire!
PageRank

Followers

Guest Book


ShoutMix chat widget

best-mails.com best-mails.com

BlogUpp!


Masukkan Code ini K1-E873BA-9
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Table of Contents :

Recent Comment